Kamis

UNTUNGNYA INVESTASI PADA UNIT LINK


UNTUNGNYA INVESTASI PADA UNIT LINK

Saat ini banyak perusahaan asuransi jiwa meluncurkan produk-produk berunsur investasi. Bahkan boleh dikatakan, unsur investasinya lebih besar ketimbang unsur proteksinya. Itulah yang dikenal dengan sebagai produk Unit Linked, yaitu produk investasi sekaligus memberi perlindungan jiwa bagi nasabahnya. Betul, ada juga jenis asuransi jiwa yang mengandung unsur tabungan/ investasi yang bisa dikenal dengan asuransi jiwa Dwi Guna (endowment). Namun, pada unit linked nasabah dapat mengontrol dananya (baik penempatan maupun hasilnya) investasi didalamnya bisa diketahui dengan jelas sehingga bisa diatur nilai tunainya. Sementara dalam asuransi jiwa Dwi Guna, uang pertanggungan dan nilai tunai yang akan diperoleh ditetapkan diawal kontrak, dana nasabah tidak mengetahui bagaimana dananya diputar.

Untuk menjadi nasabah unit linked, nasabah wajib menyetor premi tunggal (premi yang disetorkan pertama kali ketika menjadi nasabah). Selanjutnya, nasabah dapat menambah premi/ investasi secara berkala pada waktu yang diinginkan sesuai kemampuan misalnya 3 bulan atau setahun sekali. Dengan polis unit unit linked, nasabah bisa memperoleh uangnya kembali plus bunga dan perlindungan risiko atau asuransi. Dan, biaya administrasi atau polis dinyatakan dengan jelas dan terpisah. Pengelolaan dana nasabah biasanya dipercayakan kepada para fund manager dan disimpan di bank. Lebih dari itu nasabah bisa mengambil dananya bila sewaktu-waktu membutuhkannya.

Kebanyakan pembayaran premi polis unit linked dilakukan dengan satu kali pembayaran sekaligus (single premium), namun saat ini pembayaran premi polis unit linked bisa dibayar tahunan secara berkala atau bertahap. Dengan demikian jika seseorang mempunyai uang sekian juta rupiah, ia bisa membeli polis unit linked sebagaimana ia bisa mendepositokan ke bank, namun bisa juga seperti layaknya menabung rutin seperti tabungan.

Kalau begitu mana yang lebih menguntungkan, membeli unit linked dengan single premium atau secara bertahap. Analoginya bisa kita samakan dengan belanja grosiran, tentunya barang-barang jika kita beli secara grosiran harganya jadi lebih murah dibandingkan jika kita beli secara eceran. Sehingga secara sederhana bisa kita perkirakan bahwa lebih untung membeli grosiran daripada eceran. Namun membeli grosiran tentu mengharuskan kita memiliki modal yang lebih besar dibandingkan eceran.

Jika kita pakai perhitungan Anda dimana untuk jangka waktu polis unit linked 10 tahun, jika dibayar sekaligus single premium Anda hanya membayar Rp 100 juta. Sedangkan jika dibayar secara berkala tahunan maka tiap tahun Anda harus membayar Rp 15 juta, atau totalnya sebesar Rp 150 juta selama 10 tahun. Padahal manfaat asuransinya dan hasil pengembangan dananya sama. Jumlah proteksi yang dibayarkan dari premi single premium biasanya jadi lebih murah dibandingkan dengan premi yang dibayar secara berkala, sehingga porsi investasi pada single premium lebih besar Hasilnya investasi pada unit linked dengan single premium lebih besar. Pertimbangan yang lain adalah mengenai biaya pembelian atau entry fee. Jadi tiap kali membeliunit link bisanya nasabah akan dikenakan entry fee, sehingga jika pembayaran premi secara berkala maka semakin besa pula entry fee yang akan Anda bayar, Artinya Anda membayar premi lebih murah jika dilakukan secara sekaligus dan lebih mahal jika dilakukan secara berkala.

Saran saya jika masih banyak tujuan keuangan lain yang ingin Anda wujudkan dan juga membutuhkan sejumlah dana, maka jangan habiskan uang Anda untuk ber-investasi ke dalam unit linked saja. Lebih baik investasi Anda disebar kedalam berbagai produk investasi sesuai dengan tujuan keuangannya. Namun jika dana Anda benar-benar menganggur dan Anda tidak punya rencana untuk memakainya dalam jangka waktu 10 tahun ke depan, maka membayar premi unit linked secara single premium bisa dilakukan.


Selamat berinvestasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BE CUSTOMER

Untuk pembuatan polis:


Nama (Sesuai KTP) :
Tanggal Lahir (DD-MM-YYYY) :
Pekerjaan :
Merokok atau Tidak :
No. HP :
Telp. Rumah :
EMail (dapat lebih dari 1 buah) :
Alamat Lengkap :
Waktu yang dapat dihubungi :
Jenis Kelamain :
Nama Anak (Sesuai Akte Kelahiran) :
Tanggal Lahir :
Jenis Kelamin :
Keterangan Tambahan (Jika Ada) :


*) Wajib Diisi

Kesanggupan menabungan per bulan (Min.Rp.500.000,-)

Contact Oka (pruagent-00174455) - (022)70014999.

atau
Kirim email ke : prusumartha@gmail.com